office responsive devices web design website

Pernah denger celoteh begini!

“Kalau ada yang mudah kenapa di buat susah”. Orang-orang mengira membuat dan membangun sebuah website itu susah , padahal membuat dan membangun sebuah website itu sangatlah mudah sekali.

Mari kita coba pahami bahasa apa saja yang digunakan untuk membangun sebuat website sederhana sampai website profesional. Dan bukan bahasa program saja tetapi hal-hal yang lain yang membuat sebuah website itu bisa tampil bagus dan baik, dan juga semuanya berfungsi dengan benar. Ini Semuanya adalah langkah pengenalan yang mudah dalam membangun sebuah website.

Cara Menjadi Website Developer yang handal

Mengenal Bahasa Pemrograman Website

Yang harus Anda lakukan jika ingin tahu cara jadi web developer adalah Anda harus mempelajari bahasa pemrograman, bahasa yang kiranya harus Anda kuasai tidak cukup hanya 1 bahasa pemrograman saja karena website itu dibangun diatas beberapa faktor pendukung. Berikut ini yang Anda pelajari untuk jadi pengembang situs web.

Pertama yang sangat wajib Anda pelajari adalah HTML [Hypertext Markup Language], HTML merupakan bahasa pemrograman web paling dasar dan mutlak yang harus Anda kuasai. HTML juga merupakan bahasa untuk menciptakan tampilan web yang Anda lihat di browser. HTML digunakan untuk membangun struktur tampilan web seperti header, content, footer, menu dan lain sebagainya. Dan untuk menciptakan tampilan yang lebih baik, maka tidak akan cukup jika hanya dengan HTML saja, Anda masih diperlukan bahasa lain untuk menjadi pengembang situs web yang handal. Untuk HTML5 adalah versi terbaru untuk bahasa pemprograman website yang lebih bagus lagi.

Kemudian yang harus Anda pelajari berikutnya adalah CSS [Cascading Style Sheet], CSS ini adalah bahasa pelengkap bagi HTML. Tanpa CSS maka tak akan dapat untuk menciptakan tampilan yang indah. CSS sendiri adalah bahasa yang mengatur layout dan tampilan dari web tersebut, misalnya pada warna background, tulisan, font, ukuran, serta lain sebagainya. Dengan kombinasi HTML dan CSS maka kita akan mampu menciptakan sebuah tampilan yang baik dan indah. CSS dipakai untuk mendesain halaman depan atau tampilan website (front end).

Kemudian bahasa yang harus dipelajari berikutnya adalah bahasa scripting website seperti:

  • PHP [ Hypertext Preprocessor], adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. Sebagai sebuah scripting language.
  • ASP [Active Server Pages] ialah pengaturan web yang digunakan untuk membina halaman web yang dinamik dan bersifat interaktif.
  • ColdFusion adalah nama platform rapid application development dan framework pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangkan perangkat lunak komputer, khususnya situs web dinamis. ColdFusion merupakan produk yang mirip dengan Microsoft ASP.NET, Java Server Pages dan PHP.
  • Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang bisa dipasang pada berbagai platform, khususnya platform yang berfokus pada keterbacaan kode.
  • SQL  bahasa query yang digunakan untuk mengambil informasi dari database. yang mana merupakan bahasa scripting database. Database sendiri adalah aplikasi pengolahan data yang menyimpan data untuk digunakan bersama aplikasi web. Kemudian adalah bahasa Javascript, Javascript merupakan bahasa scripting yang berjalan di browser.

Metode Pengembangan Web yang Baik

Cara jadi website developer yang harus Anda lakukan adalah mempelajari metode pengembangan selanjutnya seperti:

  • RUP Rational Unified Process (RUP) adalah kerangka kerja proses pengembangan perangkat lunak yang diciptakan oleh Rational Software Corporation. RUP menyediakan panduan panduan, template, dan contoh semua aspek dari tahapan pengembangan sistem informasi.
  • Agile adalah metodologi pengembangan perangkat lunak yang didasarkan pada proses pengerjaan yang dilakukan berulang dimana, aturan dan solusi yang disepakati dilakukan dengan kolaborasi antar tiap tim secara terorganisir dan terstruktur.,
  • USDP
  • Tapi pada dasarnya yang perlu Anda fokuskan pada analisa, perancangan, pengembangan, dan pengujian. Kemudian rancang terlebih dahulu aplikasi anda sebelum melakukan coding, lakukan pengembangan atau coding, dan lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum dirilis atau di delivery. Lalu Anda dapat kembali ke tahap sebelumnya jika diperlukan. Dan yang paling penting, tentukan sendiri metode yang paling baik sesuai dengan Anda.

Membuat dan Mengolah Gambar

Dengan belajar untuk mengolah gambar maka kita mampu untuk memberikan informasi lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan hanya mendeskripsikan dalam text yang panjang. Cukup anda pelajari Adobe Photoshop atau Adobe Firework yang dimana merupakan software paling umum untuk keperluan gambar web. Pelajarilah bagaimana membuat gambar seperti icon, background, patern, dan gambar lainnya. Tempat membuat desain sekarang ini banyak cara yang dilakukan dengan mudah.

Pelajari Teknik-Teknik Mengoptimalkan Aplikasi

Agar menjadi seorang web developer yang handal Anda bisa berjalan lebih cepat dan responsif, maka dari itu Anda harus dapat melakukan tuning atau optimalisasi. Pelajari teknik pemrograman website dengan baik, bagaimana pemecahan masalah programming yang efektif, tuning serta optimalisasi database, serta optimasi web server.

Penggunaan Control Panel Hosting

Karena dapat dipastikan jika Anda nantinya akan banyak berhubungan dengan control panel jika anda menyewa hosting untuk website server Anda. Control panel yang banyak digunakan antara lain biasanya adalah:

  • Cpanel adalah suatu kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website.
  • Pleks merupakan salah satu Control Panel yang digunakan untuk memanage suatu layanan hosting atau server milik website dan aplikasi Anda
  • ISPConfig adalah Panel Kontrol Hosting Sumber Terbuka yang banyak digunakan untuk Linux, dilisensikan di bawah lisensi BSD dan dikembangkan oleh perusahaan ISPConfig UG. Dengan belajar dan memahami penggunaan control panel maka Anda dapat mengoptimalkan aplikasi anda di provider hosting Anda.

Itulah yang harus Anda pelajari cara untuk jadi pengembang situs web, selain itu ada hal-hal lain yang juga harus Anda pelajari untuk menjadi developer, bagaimana belajar menjadi pengembang situs website yang benar.

Menjadi Manajemen Proyek

Untuk belajar jadi website developer yang harus Anda lakukan juga adalah mempelajari tentang manajemen proyek dimana suatu pengembangan aplikasi merupakan suatu proyek yang harus diatur Anda pastinya, direncanakan, dan juga dilakukan dengan baik. Dengan mempelajari manajemen proyek maka Anda tentunya nanti dapat melakukan kolaborasi dengan yang lain dalam mengembangkan aplikasi. Anda juga bisa  memperoleh efektifitas serta efisiensi waktu dalam menyelesaikan sebuah proyek nantinya.

Belajar Mengerjakan Aplikasi Web

Belajar jadi web developer yaitu Anda harus mulai berlatih untuk membuat aplikasi Anda sendiri, dimana Produk dan layanan tersebut dapat Anda jual sehingga Anda dapat memperoleh hasil dari kemampuan Anda serta menikmati hasilnya. Dibandingkan dengan mengerjakan proyek orang lain secara terus-terusan dan dibayar per-proyek tentu akan lebih baik jika Anda mengerjakan 1 produk Anda sendiri, ditambah Anda akan memperoleh hasil terus-terusan dengan syarat jika produk Anda memiliki nilai jual yang baik.

Maksimalkan Metode Pengembangan Website yang Baik

Kemudian dalam belajar jadi website developer tidak hanya itu saja. Anda harus belajar mengenai metode pengembangan. Ada banyak sekali metode pengembangan seperti RUP, Agile, dan USDP tetapi pada dasarnya lebih bagus anda fokus pada analisa, perancangan, pengembangan, dan pengujian.

Lakukan pengembangan aplikasi dengan tahapan-tahapan. Lakukan analisa apa saja yang memang diperlukan oleh aplikasi Anda, kemudian rancang terlebih dahulu aplikasi Anda sebelum Anda melakukan coding, kemudian lakukan pengembangan atau coding, setelahnya uji coba terlebih dahulu sebelum dirilis atau didelivery. Kemudian anda bisa kembali ke tahap sebelumnya bila diperlukan. Yang penting, Anda menentukan sendiri bagaimana metode yang paling baik sesuai dengan diri Anda.

Mempelajari Penyelesaian Kasus-Kasus Pemrograman Web

Belajar teknik penyelesaian kasus pemrograman web. Hal itu dimaksudkan Misalnya ketika pemrograman yang berhubungan dengan tanggal, serta bagaimana menghubungkan web dengan aplikasi lainnya, mengakses database, dan beragam teknik-teknik lainnya. Dengan mengetahui teknik pemrograman dan penyelesaian kasus-kasus pemrograman website maka Anda kemungkinan besar akan lebih efektif dalam pemrograman aplikasi website Anda sendiri.

Belajar jadi developer sesungguhnya tidaklah harus sekolah jauh-jauh, dengan keinginan dan keuletan serta semangat Anda untuk terus belajar juga pastinya akan membawa Anda menjadi developer yang handal. Belajar website tentu juga tak harus dibawa serius lebih baik pelajari dengan perlahan namun pasti. Untuk para pemula belajar website juga tidak masalah.  Belajar website untuk pemula ada baiknya mulai dari fokus dan konsisten karena itulah kunci keberhasilan.

Cara Belajar Web Developer Pemula

Untuk anda para pemula yang ingin belajar menjadi website developer, yang Anda harus lakukan sudah pasti belajar bahasa pemprograman, untuk itu karena Anda masih pemula ada baiknya untuk menyesuaikan bahasa pemprograman yang akan Anda pelajari dengan kemampuan yang Anda miliki.

Maka dengan begitu, Anda akan dapat lebih mudah untuk belajar pemprograman dan mengerti apa yang sedang Anda pelajari. Jika Anda baru saja memulai untuk belajar pemprograman, mungkin Anda dapat lakukan dengan html dan jika Anda sudah menguasai bidang tersebut lanjutkan ke tahap yang berikutnya.

Jadi, Anda akan lakukan dengan bahasa pemprograman yang paling mudah dipelajari.

Pakai Modul dan Sumber Tutorial Lengkap

Untuk belajar pemprograman, terutama sebagai pelajar pemula Anda harus memiliki sumber yang tepat. Modul yang Anda gunakan pun harus lengkap dan tersusun rapi, supaya memudahkan proses belajar pemprograman Anda. Sumber belajar secara terpisah terkadang malah membingungkan para pengguna. Anda dapat menemukan tutorial-tutorial yang paling mudah untuk Anda pahami.

Anda harus mencari sumber yang menyediakan tutorial secara lengkap. Hal tersebut dapat mempermudah Anda untuk mempraktekan ilmu yang sedang Anda pelajari. Usahakan supaya mencari modul atau tutorial yang menyediakan materi-materi yang sedang Anda pelajari secara lengkap.

Perbanyak Praktik Dibanding Hanya Teori

Bagi pemula belajar website developer dimana tahapan belajar yang paling efektif dilakukan dengan cara mempraktekannya, tidak hanya dengan menghapal. Mungkin Anda perlu juga mengulang beberapa kali agar Anda dapat mengingat hal-hal yang sudah Anda kuasai.

Tidak ada artinya jika hanya membaca modul-modul yang sudah Anda cari sebelumnya tanpa dilakukan praktik. Dan jika memang Anda masih merasa kebingungan bagaimana cara mempraktekannya, Anda dapat mengikuti kegiatan pembelajaran online yang banyak tersedia. Disana terdapat berbagai macam artikel yang dapat membantu Anda dalam proses belajar pemrograman.

Jangan Pernah Copy-Paste

Di dalam belajar pemprograman, hal yang tidak boleh sekalipun Anda lakukan adalah mengcopy-paste di dalam pembelajaran. Ingat untuk jangan selalu terpaku pada modul atau tutorial yang Anda baca. Cukup kembangkan idemu di dalam belajar. Jadi otak akan lebih mudah untuk menyerap ilmu dan daya kreativitas pun akan semakin meningkat.

Karena dampak yang timbul dari melakukan copy-paste adalah pada saat belajar, kemampuan Anda hanya akan terpaku seperti tutorial dan otomatis Anda tidak dapat mengembangkan kreativitas yang ada pada diri anda pada saat membuat program. Pengetahuan anda pun nantinya akan terbatas karena Anda yang hanya mengikuti tutorial yang ada.

Belajar Sedikit-Sedikit Tapi Konsisten

Metode belajar sesungguhnya memang cukup mempengaruhi, dimana saat Anda belajar dengan terlalu berat dan banyak justru akan membuat ilmu yang diserap tidaklah optimal. Anda cukup lakukan latihan pembelajaran secara sedikit-sedikit tetapi konsisten, contohnya yaitu lakukan belajar pemrograman selama 1 jam setiap harinya

Untuk belajar menjadi website developer cukup mulai dari hal kecil saja terutama jika Anda seorang pemula, belajarlah secara konsisten dan terus menerus. Karena dengan hal tersebut, maka Anda akan lebih mudah mengingat materi yang Anda pelajari. Jadi cukup lakukan secara konsisten maka Anda dapat mengerti lebih banyak materi yang Anda pelajari.

Dalam mempelajari pemrograman pastinya dibutuhkan konsentrasi yang tinggi jadi beristirahalah yang cukup. Karena tubuh dan otak Anda pun perlu istirahat setelah mempelajari berbagai macam bahasa pemprograman yang harus dimengerti dan cukup rumit. Dan pastinya Anda jangan sampai lupakan hal yang satu ini karena hal terpenting dari kegiatan belajar pemprograman adalah istirahat.

Di dalam karir sendiri seorang website developer termasuk memiliki jenjang karir yang menjanjikan, apalagi di era serba digital seperti sekarang ini. Jadi Anda tak perlu kuatir soal karir menjadi developer berikut ini adalah peluang karir developer yang bagus.

Di dalam pekerjaan developer sendiri dibagi menjadi  yakni Front-End developer [developer adalah orang yang berperan mengembangkan tampilan situs atau aplikasi melalui HTML, CSS, dan JavaScript] dan Back-End developer [adalah orang yang berperan agar situs atau aplikasi dapat bekerja].

Pada Front-End developer sendiri Anda dapat menjajaki karir sebagai developer yang bekerja sama dengan designer dalam proyek membuat mockups dari development (pengembangan) hingga website tersebut jadi.

Selain itu Front-End developer yang ahli juga dapat mengidentifikasi masalah apa yang ada pada user experience [bagaimana seorang pengguna internet mengakses website, suatu pengalaman yang mereka dapatkan dari website tersebut.], kemudian memberikan rekomendasi selama proses desain agar tidak memiliki masalah yang sama. Jadi dapat dikatakan jika Front-End developer yaitu seorang yang bertanggung jawab atas desain sebuah rumah yang sudah dibangun oleh Back-End developer

Dan untuk Back-End developer. biasanya job description untuk Back-End developer adalah dimana akan meminta Back-End developer yang familiar dengan

  • Framework PHP [Framework atau kerangka kerja PHP mempermudah proses pengembangan aplikasi web yang menggunakan PHP dengan memberikan struktur dasar untuk membangun sebuah web. Jadi, framework PHP dapat membantumu mengembangkan aplikasi atau website dengan lebih cepat.]
  • Zend [adalah sebuah framework yang bersifat open source untuk membangun dan mengembangkan sebuah aplikasi web dengan PHP]
  • Symfony adalah kerangka kerja aplikasi web dan satu set komponen/pustaka PHP yang dapat digunakan ulang. Symfony dipublikasikan sebagai perangkat lunak bebas pada 18 Oktober 2005 dan dirilis di bawah lisensi MIT.
  • CakePHP merupakan sebuah rapid development framework yang gratis dan sumber terbuka untuk PHP. Cake PHP adalah sebuah framework atau kerangka kerja untuk membuat aplikasi CRUD berbasis bahasa pemrograman PHP dan pengalaman dengan version control software seperti SVN, CVS, atau Git, serta pengalaman dengan Linux sebagai sistem pengembangan dan deployment.

Bagian Back-End developer sendiri biasa menggunakan tools untuk membuat atau berkontribusi ke aplikasi web dengan kode yang bersih, portable, serta  terdokumentasi dengan baik. Tetapi sebelum menulis kode tersebut, Back-End developer juga perlu berkolaborasi dengan tim lain untuk mengerti apa yang ingin dicapai oleh website yang Anda buat ini.

Jadi dapat disimpulkan jika karir web developer sendiri sangatlah luas dan diperhitungkan.

Nah jika sudah mantap untuk menjadi seorang developer maka harus dibarengi dengan kemampuan yang juga mumpuni untuk itu ada beberapa tips untuk menjadi developer yang handal.

Tips-tips Untuk Menjadi Seorang Website Developer

Kuasai Kemampuan Dasar

Untuk menjadi web developer yang handal tentunya harus menguasai hal-hal mendasar yakni memahami konsep HTTPS [Hypertext Transfer Protocol Secure] menguasai Hyper Text Markup Language (HTML) Dan Cascading Style Sheet (CSS). Kuasai Javascript dan juga Pemrograman Server Side, Database SQL, lalu pahami Web Server, Web Hacking.

Menguasai Kemampuan Lanjutan

Pelajari Framework

Framework sangat penting untuk menjaga coding supaya tetap terstruktur dan rapi. Serta  memiliki standar yang sama terutama jika aplikasi web yang  dikerjakan bersama-sama. Kita perlu memastikan jika coding yang dikerjakan oleh satu programmer tetap bisa dibaca dan dikembangkan atau diperbaiki oleh programmer lainnya. Penggunaan framework sendiri juga akan memisahkan layer logic, database query, dan tampilan supaya aplikasinya lebih mudah untuk di maintain.

Pelajari Linux

Menggunakan Linux saat melakukan proses pengembangan web akan membiasakan Anda untuk selalu aware terhadap pentingnya huruf besar dan kecil untuk nama di file hingga perlunya setting permission folder yang digunakan sebagai tempat menyimpan file hasil upload.

Tips sederhana untuk menjadi website development pemula.

  • Mulai membangun website sederhana dengan WordPress.
  • Mulai membangun website sederhana dengan BlogSpot.
  • Mulai membeli domain yang dengan nama diri sendiri.
  • Belajar menggunakan website development pluggin di WordPress seperti ELEMENTOR, GUITERBERG, PAGEBUILDER, WPBAKERY BUILDER dll.
  • Sering belajar di youtube untuk development sebuah website untuk pemula.
  • Sering-seringlah mengasah kemapuan update teknologi membuat website terbaru.

Selamat Mencoba dan teruslah belajar dan tingkatkan ilmu Anda menjadi website development yang handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *