pekerja

Dalam menjalankan suatu bisnis kita dituntut untuk dapat mencapai target yang telah ditentukan, tentunya untuk menjalankan suatu strategi bisnis maka kata akhirnya iyalah hasil yang didapat.

Tidak mudah membangun dan merencanakan strategy yang dapat benar-benar 100% pada hasil yang telah ditentukan, tetapi ada juga dari strategy-strategy tersebut malah dapat lebih dari 100% dan ada juga yang benar-benar tidak bisa 100% dan banyak juga yang gagal.

Fokus menjadi kata yang wajib dalam menjalankan strategy bisnis untuk hasil yang ditentukan.

Apa itu fokus?

Fokus adalah suatu pusat titik konsentrasi dengan menentukan kejelasan atau ketetapan maksimum dari sebuah ide dengan lebih menekankan pada ketepatan, konsentrasi, dan kecepatan seluruh perhatian pada energi tertentu dan mengabaikan hal-hal yang tidak perlu.

Fokus didefinisikan sebagai pemusatan pikiran dan hati, bisa dikatakan ketotalan melakukan pekerjaan.

Fokus juga bisa menjadikan kunci kesuksesan, bagi setiap individu harus fokus pada tujuan. Diawalin dengan melakukan hal-hal sudah ditetapkan.

Tetapi sebagai pengusaha fokus menjadi hal yang sulit dijalankan ,dikarenakan banyak ide-ide cemerlang dan ide-ide menarik yang memiliki daya tarik yang menggiurkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Tetapi kebanyak ide yang cemerlang, juga nantinya menjadi hal yang merepotkan.

Padahal ukuran kesuksesan dalam mencapai fokus adalah sejauh mana kita dapat menghilangkan pengaruh yang mengganggu sehingga perhatian kita benar-benar hanya tertuju pada suatu hal yang sedang kita pikirkan atau kita kerjakan.

Kunci sukses dalam berbisnis, pebisnis harus memahami permasalahan pada bisnis dan fokus untuk memperbaikinya dan mencari solusi yang tepat guna.

Sebagai pebisnis tentunya harus kuat memegang kunci sukses dan tetap fokus dahulu untuk menerapkan bisnis sebaik mungkin.

Fokuslah untuk solusi orang banyak, ini hal yang paling utama yang harus dijalankan, baru fokus bentuk bisnis modelnya agar bisa memberi manfaat bagi orang-orang banyak.

Hal ini akan menjadi impian besar yang akan dirasakan kesuksesan pada akhirnya.

Tentunya untuk mencapai hal tersebut banyak orang yang tidak suka, karena akan dituntut bekerja keras. Strategy diawal dengan kerja keras akan terasa biasa di fase-fase awal saja, nantinya jika sudah jalan maka akan terasa beda dan akan terasa seperti automatic saja dalam menjalankannya.

Tetapi balik lagi. semua stategy tidak dirasakan mulus-mulus saja, pasti akan banyak kendala dalam mencapat target dan impian besar kita. Tentunya hal ini akan menjadikan perhatian besar yang akan dihadapi dan diselasaikan. Strategi akan dibuat rencana baru yang tentunya dengan hasil yang akan lebih bagus lagi dari pada rencana lama yang dijalankan tetapi banyak permasalahnya.

Apa pentingnya fokus?

Jika kita bekerja dengan fokus, maka akan secara otomatis kita akan cepat menyelesaikan masalah dalam menyelesaikan segala pekerjaan yang ada. Pentingnya bekerja secara fokus juga membantu kita untuk merencanakan kapan kita mulai mengerjakan tugas, dan kapan kita menyelesaikannya.

Manfaat fokus dalam bekerja

1. Selamat Tinggal “Gangguan yang Tidak Penting”

Agar kita bisa bekerja dengan fokus, kita perlu menonaktifkan pemberitahuan yang ada pada semua media sosial yang kita miliki.  Kebanyakan pemberitahuan yang kita dapatkan di whatsapp, sms, Instagram, dan sebagainya, biasanya adalah pemberitahuan yang tidak begitu darurat. Sehingga, tidak apa-apa kalau kita mengabaikannya dulu untuk sementara, jadi kita bisa fokus dengan pekerjaan yang harus kita selesaikan. Terlebih lagi, orang-orang yang memiliki keperluan ‘cepat’ dengan kita, biasanya akan menelpon. Jadi, kita tidak perlu khawatir lagi kalau harus mematikan pemberitahuan. 

2. Berpikir Lebih Tenang dan Perasaan yang Lebih Tentram

Berpikir merupakan salah satu unsur penting agar kita bisa menghasilkan karya yang berkualitas baik. Dengan memberikan waktu khusus agar fokus kerja kita meningkat, kita berkesempatan untuk berpikir jernih dan mulai menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas, tidak hanya itu, suasana hati kita juga akan lebih tentram loh! 

3. Jumlah Kesalahan yang diperbuat Semakin Sedikit 

Tidak dapat disangkal lagi, kita akan lebih sering melakukan kesalahan apabila kita tidak fokus dalam bekerja. Bayangkan saat kita mengerjakan sesuatu. Berusahalah untuk lebih fokus, maka jumlah kesalahan akan semakin berkurang.  

4. Lebih Mudah untuk Memenuhi Tenggat Waktu 

Bukan hanya memiliki kesalahan yang semakin sedikit, jika kita bekerja dengan fokus, maka secara otomatis kita akan lebih cepat dalam menyelesaikan segala pekerjaan yang ada. Bekerja secara fokus juga membantu kita untuk merencanakan kapan kita akan mulai mengerjakan tugas dan kapan kita akan menyelesaikannya.

5. Merasa Lebih Puas

Nah, karena pekerjaan yang diselesaikan dapat memenuhi tenggat waktu dengan tepat, maka tidak akan ada lagi deh yang namanya “kejar-kejaran sama waktu”. Hasilnya, kita akan merasa memiliki waktu yang lebih senggang. Nah, waktu senggang ini sebenarnya kita dapatkan dari sisa waktu yang telah kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang sebelumnya. Fokus pada pekerjaan membuat kita menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Alhasil, kita juga akan merasa lebih puas dengan hasil pekerjaan yang ada, karena ada waktu lebih untuk mengecek hasil pekerjaan kembali.  

6. Kualitas Pekerjaan Semakin Meningkat

Setelah merasa puas karena memiliki sisa waktu untuk mengecek pekerjaan, memiliki sedikit kesalahan dan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, bahkan mungkin lebih cepat dari tenggat waktu yang ditentukan. Kira-kira bagaimana hasil dari pekerjaan yang kita lakukan dengan segala pencapaian tersebut? Tentu saja, kualitas dari hasil pekerjaan kita akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. 

7. Jumlah Pekerjaan yang Dikerjakan akan Semakin Meningkat

Kita akan memiliki waktu yang lebih banyak, karena semua pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat. Waktu tambahan yang kita miliki akan mengizinkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih produktif.  

8. Stres akan Semakin Berkurang

Seringkali stres yang kita alami di tempat kerja disebabkan karena pekerjaan yang semakin menumpuk, namun tenggat waktu yang dimiliki semakin dekat. Nah apabila kita bekerja dengan fokus, maka tenggat waktu yang dimiliki akan mudah untuk kita kejar. Tidak hanya itu, stres pun akan semakin berkurang, karena tidak usah kejar-kejaran dengan waktu lagi.  

9. Disiplin Diri akan Semakin Meningkat

Manfaat tambahan lainnya dari mempraktikkan fokus dalam bekerja adalah kedisiplinan diri kita akan semakin meningkat. Disiplin diri adalah fondasi untuk mencapai begitu banyak hal dalam hidup, dari tujuan yang ingin kita raih hingga ke peningkatan kesehatan dan hubungan kita. 

10. Efisiensi juga akan Semakin Meningkat

Gangguan-gangguan digital yang ada bisa dengan mudah menyeret kita untuk menunda-nunda pekerjaan. Apabila kita melawan itu semua dengan fokus kerja yang baik, maka efisiensi kita akan semakin meningkat, dan sikap menunda-nunda pekerjaan akan semakin berkurang.  Mempraktikkan kerja keras setiap hari memungkinkan kita untuk fokus pada satu hal yang mengarah pada efisiensi yang jauh lebih besar. 

11. Kita akan Menerima Lebih Banyak Rasa Hormat

Fokus kerja akan membuat kita menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, produktivitas, disiplin dan efisiensi juga akan semakin meningkat. Hasilnya? Orang-orang akan lebih menghargai dan menghormati kita, termasuk rekan-rekan kerja dan manajer kita.  

12. Orang akan Lebih Menghargai Waktu Kita

Orang-orang bukan hanya akan menghargai kita karena dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan kualitas pekerjaan yang baik, namun mereka juga akan mulai menghargai waktu yang kita miliki. Mereka tidak akan mengganggu kita dengan gangguan-gangguan yang tidak penting, karena mereka tahu bahwa kita adalah seseorang yang sangat fokus dalam bekerja. 

13. Proyek yang diragukan, Ternyata dapat diselesaikan

Sebagai manusia, kita pasti pernah merasa ragu. Kita ragu apakah kita bisa menyelesaikan proyek yang kita anggap sulit di awal atau tidak. Namun, setelah kita mempraktikkan fokus kerja yang baik, nyatanya kita bisa menyelesaikan proyek-proyek besar dan sulit tersebut loh! 

14. Mempunyai Waktu Luang

Setelah menyelesaikan tugas-tugas yang harus segera diselesaikan, sisa waktu kita masih bisa kita gunakan untuk ‘melayani hal yang lainnya.

15. Pekerjaan Penting dan Tidak Penting

Dari praktik fokus dalam bekerja yang kita terapkan, akhirnya kita dapat membedakan antara pekerjaan mana yang penting, sehingga harus kita dahulukan dan pekerjaan mana yang tidak penting, sehingga dapat kita tunda terlebih dahulu.  

Tetapi balik lagi, jika kita sudah mempunyai jiwa yang benar-benar sebagai pekerja yang mempunya intregitas tinggi, fokus perusahaan yang ditetapkan tentunya menjadi tolak ukur kita dalam mensukseskan impian besar perusahaan kita tersebut.

Fokus dengan tujuan bisnis yang terpenting dalam mencapai kesuksesan adalah para pekerjanya fokus dan berintregitas tinggi dalam memberikan pelayanan dan solusi dan bermanfaat untuk orang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *