Businessman analyze data of stock market research.

Kemampuan dalam mengumpulkan data dan menganalisa adalah tugas yang banyak orang tidak diketahui. Kemampuan analisa ini juga tergantung dari apa yang akan dikembangkan.

Keahlian market research misalnya. Jadi sebenarnya apa itu market research ?

Market research adalah perencanaan riset pemasaran dalam pengumpulan data, pencatan dan analisa sistematis data yang kualitatif dan kuantitatif tentang masalah yang relevan dengan pasaran produk dan layanan yang akan kita kembangkan.

Tujuan dalam market riset ini adalah untuk mengindentifikasi dan menilai bagaimana tren yang sedang terjadi dipelanggan.

Market research juga sebagian besar berpengaruh pada trend yang sedang berlaku, ini yang harus diketahui oleh para orang yang suka menganalisa data sebagai bahan keputusan selanjutnya.

Tujuannya jelas dengan adanya market research berlanjut dengan pola marketing research yang menjadikan riset pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan dari penelitian di pasar yang sesungguhnya (pola konsumen), pengumpulan data, dan pengolahan data yang bersumber dari hasil penelitian tersebut.

Tujuan lebih mengidetifikasi peluang-peluang dan masalah-masalah dalam pasar agar aktifitas pemasaran baik digital maupun offline bisa lebih efektif dan sejalan.

qualitative
qualitative in market research data: sumber l www.globalassignmenthelp.com/

Langkah-langkah dalam melakukan market research.

  • Merumuskan masalah, ini adalah langkah awal dari riset pemasaran
  • Menentukan desain riset pemasaran, ini adalah mencari strategy yang tepat nantinya
  • Menentukan metode riset pemasaran yang akan digunakan, ini berhubungan dengan data-data yang akan dikumpulkan dan di kembangkan lebih lanjut.
  • Menentukan analisa lebih lanjut cara yang tepat dalam data tersebut
  • Menentukan pengambilan keputusan dalam strategy yang tidak sesuai dalam olah datanya
  • Merevisi dan mencari data yang lebih valid jika diperlukan
  • Menyusun laporan dengan data-data yang dirasa sudah sangat tepat.

Manfaat dari riset pasar yang sudah dilakukan adalah:

Membantu brand akan menjadi besar dan terkenal dipasaran, mendapatkan informasi apa saja yang sedang trend dan laku dipasaran, potensial brand produk atau jasa akan di jual nantinya, memahami prilaku pelanggan sesuai target pasar yang baik dan bisa mendominasi pasar nantinya jika belum ada kompetitor yang serupa.

Jika ada kompetitor biasanya kita akan melakukan apa yang kompetitor lakukan [hal yang paling mudah] adalah meniru.

Mengapa kita melakukan market research?.

Karena dengan melakukan riset pemasaran kita akan mengetahui tantangan selanjutnya dan ancaman yang datang kedalam usaha kita. Kita mengetahui kebiasaan kebiasaan kompetitor dan kebiasaan konsumen untuk produk dan jasa yang akan kita jual.

quantitative
quantitative in market research

Secara sederhana melakukan riset pasar secara digital adalah dengan:

  • Melihat kata kunci yang akan digunakan, ini kita bisa melihat kata kunci utama atau kata kunci lainnya yang dilakukan
  • Melihat siapa saja pemain secara online
  • Survey online dengan melihat kekurangan website kita dan pelayanan kita
  • Menggunakan tool pendukung untuk marketing dan strategy konten
  • Melakukan tester social media sebagai funneling
  • Melakukan dan membuat video konten di Youtube.
  • Melakukan kampanye yang berbayar di google ads dan di facebook ads.

Riset dilakukan karena potensi pasar masih terbuka peluangnya atau tidak, jika masih besar peluang untuk meluncurkan produk baru maka hal tersebut sangat baik untuk dilakukan.

Tentunya apapun usahanya jika usaha tersebut belum dimulai kita tidak pernah tahu produk tersebut akan diterima atau tidak.

Pebisnis pemula jika ingin melakukan peluncuran produk baru sekiranya tetap berani untuk melakukan expansi dalam kampanye di dunia digital. Bisa melakukan hal yang gratis dengan kratifitas yang tinggi atau memperbanyak explosure dengan biaya yang murah atau dengan menggunakan kampanye yang berbayar.

Peluang itu akan tetap ada, dan akan diperlukan waktu untuk proses dalam melihat potensi pasar menuju sebuah keberhasilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *