pexels-tranmautritam-326501

Tahapan menjadi seorang seo juga sebenarnya sangat mudah, hanya perlu memahani beberapa kategory yang biasa seorang seo specialist lakukan. Menjadi seorang seo pemula haruslah, mengetahui beberapa hal yang cukup sederhana saja, dari hal sederhana tersebut semuanya dibagi menjadi beberapa hal yang sangat mudah untuk diketahui dan dimengerti. Mungkin Anda juga sudah sering mendengar tentang hal-hal tersebut dibawah ini, yaitu:

Contohnya mengetahui seo itu mudah adalah:

Konten

Konten adalah suatu informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Konten itu biasanya bermacam-macam bentuknya, sebuah konten bisa berisi artikel, gambar, video dan suara. Dan konten juga biasanya ada berisi link dan nara sumber dari mana berita itu di ambil.

Sebuah konten untuk seo membutuhkan:

  • Keywords atau kata kunci bisa dengan menggunakan kata kunci negatif, kata kunci local, kata kunci ekor panjang (long tail)
  • Search intent atau pencarian artikel yang mempunyai topik yang sangat sesuai dengan isi dan judulnya.
  • Metadata atau ringkasan detail suatu data
  • Relevan atau hal yang disajikan sebuah konten sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Otoritas

Otoritas didalam dunia seo dikenal dengan authority yaitu wewenang didalam sesuatu untuk melakukan hal yang bertujuan untuk menaikan suatu nilai dari konten tersebut, dimata search engine.

Di awal post artikel yang pernah saya buat, tentang apa itu crawling pada google spider yang dikenal dengan bot.

Untuk mendapatkan authority yang bagus maka diperlukan sebuat otoritas dengan mengerti tentang strategy link building yang baik, yaitu berupa:

  • Backling atau link yang mengarah ke website atau artikel kita, harus diwaspadai backlink yang berbayar akan menurunkan nilai dari konten dan website kita. Carilah sebuah Backlink yang baik dan dibuat secara natural.
  • Guest Posting atau meninggalkan link di suatu blog dan website untuk artikel tertentu. Di harapkan jangan Farming disembarang website atau blog seseorang.
  • Penjangkauan atau outreach yaitu: Mengelompok-mengelompokan artikel kita dalam suatu konten bisa dengan outbound link maupun dengan inboaund link.
  • Social link atau link social media: ini bisa kita lakukan dengan menshare arikel kita ke social media.

Teknikal

Dalam hal memahami teknikal seo, ternyata juga sangat mudah, Hali ini juga sudah banyak dibicarakan oleh para pakar seo.

Contoh mudah seo teknikal adalah mengetahui:

  • Internal Link yaitu link yang kedalam yang satu sama lain kontennya berhubungan.
  • Sebuah Indek dari google ini juga sama seperti sebuah perpustakaan besar sejauh mana update yang sering dilakukan baik dari website kontennya.
  • Sebuah Google spider untuk pengumpulan data biasa disebut crawling. Hal ini sering dijelaskan agar lebih mudah dipahaminya oleh pemula.
  • Link yang rusak ini harus benar-benar diketahui dan diperbaiki. Awal harus memperbaiki baiknya dari landing page website, bisa juga dari sebuah home/beranda website.
digital composite of business graphics with office background

Pengalaman pengguna

Pengalaman pengguna juga menjadi nilai besar dari sebuah pekerjaan seo, seorang seo harus memahami pengguna yang telah datang ke website kita, Pemahaman mereka adalah terlihat dari bounce rate yang semakin naik atau semakin turun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi dari pengalaman pengguna tersebut diantaranya adalah:

  • Pagespeed ini lebih dikenal dengan loading website, jika website terlalu berat untuk loadingnya, maka biasanya pengguna akan cepat pergi dan berlalu begitu saja. Faktor dari pagespeed ini juga banyak sekali, antara lain: Server yang sudah penuh Image yang terlalu besar Link yang terlalu berat Video yang terlalu besar Traffic yang banyak dan server yang kecil Website tidak mobile friendly
  • Bounce rate atau pantulan yang terjadi adanya faktor pengunjung yang banyak dan tidak relevan dengan pengguna cari atau faktor pagespeed dari website tersebut.
  • Time on site atau waktu didalam website, ini yang akan memperlihatkan kemana saja visitor tersebut bernavigasi, apakah pengguna akan langsung kekontak atau melihat-lihat dulu service dan produk kita. Time on site diatas dua menit adalah yang paling baik.
  • Dwell time juga hampir sama denga time on site didalam memperlihatkan prilaku dari pengalaman pengguna.

Pengalaman pengguna bisa diperbaiki dengan UX dan UI yang benar-benar ringan bagus dan mudah bernavigasi.

Tetapi sekali lagi banyak faktor yang mempengaruhi bukan hanya dari seo saja. Jika seo itu mudah kenapa harus dibikin sulit.

Banyak sumber yang bisa didapatkan dari mempelajari seo ini dengan mudah. Anda tinggal memasukan kata kunci yang tetap dari apa yang ingin dipelajari tentang pembelajaran seo ini.

Situs-situs dari Indonesia pun sudah banyak yang menjelaskan berbagai macam pengetahuan seo untuk pemula.

Selamat belajar.

Comments(2)

    • Rachmat Ramadhan

    • 1 month ago

    terima kasih infonya mas. saya juga punya blog rachmatramadhan.com lagi berjuang untuk bisa muncul di halaman pertama pencarian google. ternyata masih banyak yang perlu saya benahi.

    1. ok mas semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *