pexels-serpstat-572056

Dalam hal pekerjaan seorang seo dituntut untuk mempunyai target yang relevan, ini juga tergantung dari kemampuan seorang seo tersebut, sudah mempunyai pengalaman atau belum.

Jangan pernah merasa minder jika kita memang baru dan memulai untuk menjadi seorang seo. Patut diingat semua orang yang sudah menjadi seo specialist, masih terus belajar mencari cara yang tepat, benar dan mengikuti arahan panduan webmaster dari google dan mengikuti terus perkembangan algoritma google terbaru.

Seperti namanya, search engine optimization berarti mengotimasi mesin pencarian. Pekerjaan utama dari seorang seo adalah berkutat pada optimasi untuk mesin pencarian. Pada dasarnya profesi ini mempunyai tanggung jawab yang sesuai dengan kapasitas pekerjaannya.

Contoh pekerjaan utama dari seo:

  • Mendorong traffic secara organic yang ditargetkan ke website yang kita optimasi
  • Memaksimalkan ROI (Return On investment) dari beberapa funneling yang sudah kita tentukan dalam kampanye di search engine maupun di social media.
  • Meningkatkan Brand Awareness dari dari pencarian dan jangkauan traffic yang tepat dengan kampanye seo yang tepat dan tentunya yang baik pula
  • Bertanggung jawab mengelola seo seperti membuat perencanaan, strategy dan target yang akan dicapai
  • Meningkatkan kata kunci diperingkat semua pencarian yang utama dan relevan
  • Mengelola blog dan mengupdate liputan media di website terkait dengan pembaruan situs dan meningkatkan Return On Investment (ROI)
  • Menganalisa data dari visitor yang berkunjung ke website kita
  • Mengikuti trend dan bisnis yang akan terus dibangun dengan sebuah konten artikel, design dan video.
  • Memberikan solusi yang tepat untuk memajukan sebuah brand dalam memperbaiki target pemasaran dan penjualan yang berulang.
  • Memberikan kepuasan pelanggan untuk landing page, user interface dan user experience dalam bertransaksi maupun call to action.
keyword research seoindek
SEO – Search Engine Optimization for Online Marketing Concept. Modern graphic interface showing symbol of keyword research website promotion by optimize customer searching and analyze market strategy.

Patut di inggat semua pekerjaan seo itu tidaklah mudah ( its no magic ) perlu jangka waktu yang dilakukan berulang-ulang kali dan data yang benar-benar mencukupi untuk mendapatkan target sales dan brand awareness yang bagus.

Seorang seo juga mempelajari dari para kompetitor apa saja yang dilakukannya, dengan research data yang dimiliki dan yang dilakukan kompetitior tersebut.

Untuk seorang seo harus mengetahui terlebih dahulu

Google bot berfungsi untuk crawling: tugasnya untuk mengumpulkan database (indexing) seluruh website diseluruh dunia yang ada di internet dan menyimpannya dalam sebuah database yang sangat besar.

Apa saja yang dikumpulkannya?, artikel, gambar dan video.

Ternyata bukan itu saja yang dikumpulkan oleh google bot atau spider, file zip, pdf, power point, mp3, mp4, bahkan suara manusia dan apapun semua file yang bisa diunduh dan direkam.

Google algoritma adalah sebuah formula atau rumus tertentu yang dibuat oleh search engine dalam menentukan prioritas website mana yang akan ditampilkan lebih awal (dari sekian database website yang dikumpulkan) dalam sebuah pencarian yang spesifik maupun pencarian yang umum.

Jadi seorang seo harus mengerti dan memahami sebuah konten sebelum dibuat terlebih dahulu, apa saja nanti yang akan disajikan dan diberikan untuk user dan pembaca.

customer dan user
cunsumers dan user

Mengikuti trend dan sebuah teknologi adalah hal dasar yang tentunya menjadi kemauan dengan ketertarikan dari sebuah teknologi digital terutama digital marketing.

Tool dasar seorang seo tujuan untuk membantu mendapatkan dan mengumpulkan data-data yang tepat yang akan nantinya bisa membantu mempermudah dalam pengerjaan. Tool tersebut berupa.

  • Google analytic: untuk sebuah analisa, data dari traffic dan visitor
  • Google keyword planner: mencari melihat kata kunci yang tepat dan relevan untuk bisnis yang dijalankan
  • Google Trend :Melihat sebuah trend yang berlangsung dan trend yang sudah berlangsung
  • SEO check up: Melihat data dan menganalisa kekurangan dari website kita secara onpage
  • Google search console: Membantu memantau, mempertahankan dan memecahkan masalah amp, kegunaan selular dan fitur lainnya.
  • Alexa: Melihat trend dari rangking website
  • Pluggin Seo di wordpress
  • Pagespeedinsight juga sangat bagus untuk mengetahui kecepatan dari load website kita.

Pekerjaan Utama inilah yang menjadi dasarnya seorang seo untuk bisa terus menambah keahlian di dalam pekerjaan yang akan dilakukannya. Seorang seo juga jangan mudah pantang menyerah semuanya akan berjalan seiring waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *